Rabu, 10 Maret 2010

Sepuluh Tendangan Penalti Paling Bersejarah

10) Diana Ross - Amerika Serikat 1994 - Acara Pembukaan



Yup, divanya bintang pop Amerika Serikat itu ikut unjuk gigi dalam menunjukkan kemampuannya menendang adu penalti. Ingin tahu proses yang terjadi? Lihat saja sendiri.

9) Stuart Pearce - Inggris - Spanyol - Piala Eropa 1996



Dia maju menjadi eksekutor setelah bayang-bayang kegagalan mengambil penalti di Piala Dunia Italia 1990 masih membekas jelas di benaknya. Di momentum tersebut dia berhasil memaksimalkan peluang yang dimilikinya, dan melakukan selebrasi bak seorang dukun yang sedang mengusir roh jahat yang membuatnya gagal mengeksekusi penalti enam tahun sebelumnya. Sukses penalti Pearce berlanjut di semi-final, saat Inggris menghadapi Jerman.

8) Pavol Durica OG - Fehervar - Debrecen - 2008



Gol ini terbilang aneh. Pada ajang Piala Hongaria Fehervar mendapat sanksi penalti. Kiper sebenarnya sudah bertindak bagus dengan menyelamatkan bola yang ditendang pemain lawan, namun tetap kebobolan menyusul tendangan spektakuler Pavol Durica ke gawangnya sendiri. Sepertinya, bek Fehervar itu hendak menyapu bola menjauh dari gawangnya, namun niatnya tak kesampaian dan malah merugikan timnya sendiri. Beberapa waktu kemudian, kontraknya diputus oleh pihak klub.

7) Eric Cantona - Manchester United - Arsenal - 1993



David Seaman benar-benar ditipu dan dipermalukan Cantona di pertandingan ini, saat kedua tim mereka bertemu di ajang charity shield.

6) Robert Pires & Thierry Henry - Arsenal - Man City - 2006



Mencoba mengimitasi gaya Johan Cruyff, yaitu dengan 'menyambung' bla tendangan penalti Pires untuk diteruskan Henry. Kabarnya, Danny Mills sangat marah dengan aksi penalti itu.

5) Diego Maradona - Argentina - Italia - Piala Dunia 1990



Sebelum pertandingan di antara kedua tim, Maradona melaukan provokasi dengan meminta fans Napoli di Naples untuk lebih mendukung Argentina ketimbang Italia di Piala Dunia. Hal itu tidak terjadi, dan Maradona membuat segalanya menjadi lebih buruk bagi Italia dengan tendangan penaltinya.

4) Fan Nekat Rusia - FC Saturn - Spartak Moskwa - 2009



Lucu, seorang fans masuk ke lapangan dan mengambil penalti yang harusnya ditendang Alex, dan GOL.

3) Zinedine Zidane - Prancis - Italia - 2006



Gianluigi Buffon dikecoh oleh maestro Prancis itu. Gol penaltinya pun sangat berkelas, dengan menchip dan memasukkan bola dengan tempo lambat. Gol tersebut sudah membuat kiper Italia itu mati langkah.

2) Johan Cruyff - Ajax - Helmond Sport - 1982



Gol Johan Cruyff itu kabarnya ada unsur eksperimennya, yang kemudian ditiru oleh Pires dan Henry beberapa tahun lalu.

1) Antonin Panenka - Cekoslovakia - Jerman Barat - 1976



Anda harus melihatnya sendiri, dan mengomentarinya. Gol tersebut sangat luar biasa, brilian dan sensasional.

(source: goal.com)


Tidak ada komentar: