Rabu, 24 Maret 2010

About Yayasan Bina Antarbudaya

Bina Antabudaya

Apa Itu Bina Antarbudaya ?


Bina Antarbudaya adalah lembaga nirlaba berbasis relawan yang mengelola progam pendidikan antarbudaya guna mempersiapkan pemimpin-pemimpi bangsa masa depan. Bermitra dengan AFS Intercultural Programs yang merupakan organisasi pendidikan dan relawan internasional yang akan memberikan kesempatan bagi pemuda dan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan, sikap serta keterampilan antarbudaya.



Apa Tujuannya ?

Bina Antarbudaya berusaha mempersiapkan dan mengembangkan calon pemimpin masa depan yang peka, paham serta peduli pada lingkungan sekitar. Melalui interaksi dengan masyarakat negara lain kita dapat belajar berbagi, berkomunikasi, menghargai dan mencintai satu sama lain di atas segala perbedaan. Kelak diharapkan akan tumbuh pemimpin-pemimpin masa depan yang menghargai perbedaan, menjunjung tinggi perdamaian dan persahabatan, membangun hubungan yang positif dan sinergi antar individu, antar masyarakat dan antar bangsa dalam upaya mewujudkan perdamaian serta kesejahteraan umat manusia.


Apa Saja Kegiatannya ?

Sending
Bina Antarbudaya mengirimkan pelajar dan pendidik terbaik yang secara serius berminat serta memenuhi persyaratan, tanpa membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial ekonomi.

Hosting
Bina Antarbudaya menerima pelajar, pendidik, serta relawan asing untuk ditempatkan di keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat Indonesia

Volunteering
Setiap tahunnya ratusan relawan berpartisipasi dalam kegiatan yang dijalankan oleh Bina Antarbudaya


Apa Manfaatnya ?

Selama Program
Menghadapi hal baru yang sangat berbeda dari yang biasa dihadapi dapat melatih untuk lebih peka, paham serta peduli akan budaya yang berbeda. Hal ini mendorong berkembangnya pola pikir kreatif, kepercayaan diri, kemandirian, serta kemampuan mengatasi masalah dan mengambil keputusan secara obyektif.

Setelah Program
-Mempunyai wawasan yang lebih luas serta memiliki kemampuan berpikir kritis & obyektif.
-Menghargai perbedaan, yang mencakup perbedaan pola pikir dan cara hidup.
-Timbulnya rasa cinta tanah air dan nasionalisme justru setelah melihat negeri sendiri dari sudut pandang lain.




Di Masa yang Akan Datang
-Menjadi orang yang peduli pada masyarakat di lingkungan sekitar serta melakukan upaya-upaya dalam membuat perubahan yang baik dengan cara damai.
-Menularkan rasa cinta & damai dalam masyarakat.
-Pengalaman antarbudaya akan membanru mengembangkan keterampilan serta jaringan pershabatan yang dapat mendukung kehidupan, studi serta karir di masa datang.

Semboyan

"We relate to each other because we are similar,
We learn from each other because we are different"



Jenis - Jenis Program

AFS Program

Progam AFS adalah progam pertukaran antarbudaya terbesar di dunia dan berpengalaman sejak 1919. Hingga saat ini telah mempertukarkan lebih dari 370.000 peserta progam di 50 negara. Progam AFS dilakukan dalam rangka menciptaan saling pengertian dan persahabatan agar terwujud perdamaian dunia.

Progam AFS di Indonesia berjalan sejak tahun 1956. Sudah lebih dari 2000 pelajar Indonesia yang mengikuti progam ini. Peserta diberangkatkan ke berbagai negara seperti : Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, Perancis atau Swiss.

Progam AFS memberikan kesepmatan bagi para peserta untuk belajar tentang hidup dan diri sendiri. Peserta akan tinggal di keluarga angkat, bersekolah serta mengikuti kegiatan di sekolah maupun masyarakat di negara-negara dengan budaya beragam. Pengalaman yang diperoleh selama mengikuti progam akan memperkuat kemampuan berbahasa, pembangunan karakter, pribadi, serta keterampilan kepemimpinan.


YES Program

Youth Exchange & Study Progam adalah progam beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat melalui AFS USA, yang bertujuan meningkatkan pemahaman antara masyarakat Amerika Serikat dengan masyarakat negara-negara berpenduduk mayorutas muslim. Pelajar dari Mesir, Indonesia, Malaysia, Filipina, Turki, India, Saudi Arabia, Ghana dan Thailand akan tinggal dengan keluarga, bersekolah serta mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah maupun di masyarakat setempat.

Progam YES lebih menekankan pada pengembangan ketrampilan kepemimpinan. Peserta progam YES dari Indonesia diharapkan dapat menjadi duta bangsa yang menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk mengenal Indonesia dan sebaliknya, sehingga timbul persahabatan serta saling pengertian di antara dua bangsa. Ini merupakan modal dasar dalam upaya mewujudkan dunia yang lebih damai bagi semua.

Progam YES di Indonesia sudah berjalan sejak 2003, sudah 400 pelajar sekolah umum maupun pesantren dari seluruh Indonesia mengikuti progam ini.


JENESYS Program

The Japan - East Asia Network of Exchange for Students and Youths [Jenesys] adalah progam persahabatan Jepang dengan negara-negara di kawasan Asia Timur yang bertujuan menciptakan dan memperdalam rasa saling pengertian di antara para remaja yang merupakan generasi penerus yang akan berperan penting di masa datang.

Setiap tahun pemerintah negara Jepang mengundang pemuda dan pendidik dari negara-negara kawasan ASEAN [Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapore, Thailand, Vietnam], China, Korea, India, Australia dan Selandia Baru untuk mengunjungi tempat/kota yang terkait dengan sistem politik, ekonomi, sosial serta budaya Jepang.


Persyaratan

» Siswa kelas 1 SMA/sederajat
» Umur 15-16.7 tahun.
» Aktif berorganisasi dan berprestasi dalam beberapa kegiatan.
» Warga Negara Indonesia.
» Sehat Jasmani dan Rohani.
» Mengikuti dan lulus proses seleksi bertahap yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
» Mendapat izin dari orang tua dan sekolah


Volunteer

"Invest Our Skills to develop future leaders"


Bina Antarbudaya/AFS berusaha menjadikan perbedaan sebagai kekayaan, bukan sebagai bahan konflik. Kami percaya bahwa setiap kita dapat memiliki andil dalam mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan yang memiliki pandangan yang luas dan mampu menjembatani perbedaan.

Usaha untuk membangun calon-calon pemimpin masa depan membutuhkan dukungan banyak relawan yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Lebih dari 35.000 relawan AFS tersebar di 50 negara mulai dari anak muda, orang dewasa, laki-laki, perempuan, guru, pelajar, mahasiswa, para ahli, pensiunan, ibu rumah tangga dan sebagainya yang tanpa pamrih memberikan waktu, tenaga serta pemikirannya untuk tujuan mulia.

Bersama Bina Antarbudaya, para relawan berinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai latar belakang serta budaya yang beragam. Situasi tersebut merupakan kesempatan bagi relawan untuk memperluas jejaring, mengasah keterampilan/pengetahuan dalam menghadapi dan menjembatani perbedaan, berkomunikasi, mengasah kepemimpinan, mengembangkan potensi diri serta membina orang lain.

Dengan menjadi relawan, kita mempunyai kesempatan besar untuk lebih berperan sebagai agen perubahan, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.


For More Information

Kantor Nasional Yayasan Bina Antarbudaya

Jln. Limau 22 Kebayoran Baru,
Jakarta 12130
Tel. [021] 722-2291/723-5832
Fax. [021] 726-7118
e-mail : yba-info@centrin.net.id


Chapter Banda Aceh

Jln. Rawasakti VII
LR Meulagu I no. 12
Jeulingke, Banda Aceh.
chapterbandaaceh@yahoo.com

Chapter Bandung

Jln. Bukit Dago Utara II no. 9
Bandung
binabud.bdg@gmail.com

Chapter Banjarmasin

LBPP LIA
Jln. Gatot Subroto No. 1
Banjarmasih
chapterbanjarmasin@yahoo.com

Chapter Bogor

Jln. Arimbi 5 No. 10
Bumi Indraprasta, Bogor.

Chapter Jakarta

Jln. Limau No. 22 Kebayoran Baru,
Jakarta, 12130
chapterjakarta@gmail.com

Chapter Karawang

SMA Negeri 1 Karawang
Jln. Ahmad Yani No. 22
Karawang 41312
chapterkarawang@yahoo.com

Chapter Makassar

Jln. Mappodang No. 7 Makassar.
yba_afsmksr@yahoo.com

Chapter Malang

Jln. AR. Hakim V/585 Malang
yba_malang@yahoo.com

Chapter Medan

Jln. Abdulah Lubis No 48/75,
Medan 20154
chaptermedan@yahoo.com

Chapter Padang

RT 1 RW 5 Bengkel Laris
Simpang Gadut
Bandarbuat
Padang 25132

Chapter Palembang

SMA Plus Negeri 17 Palembang
Jln. Mayor Zurbi Bustan
Lebong Siarang, Palembang.
chapterpalembang@yahoo.com

Chapter Samarinda

Jln. Lambungmangkurat
RT 32 No. 05
Samarinda 75117
chaptersamarinda@yahoo.com

Chapter Semarang

Jln. Papandayan No. 229
Semarang 50232
chaptersemarang@yahoo.com

Chapter Surabaya

Jln. Dukuh Kupang Timur
Gang 13 No 41
Surabaya 60256
chaptersurabaya@gmail.com

Chapter Yogyakarta

Jln. Gadjah Mada No. 4
Pakualaman, Yogyakarta
ybajogja@yahoo.com

Tidak ada komentar: