Kamis, 20 Mei 2010

10 Cara Untuk Berhenti Dari Kecanduan Main Online Game (MMORPG)

Agak sulit untuk menemukan artikel yang membahas sifat-sifat adiktif dari MMORPG atau permainan massively Multiplayer Online. Kita sering membaca tentang bagaimana game-game ini menghancurkan hubungan dan mata pencaharian.

Kita tidak bisa menyangkal bahwa MMOs bisa berbahaya bagi individu secara psikologis. Banyak penelitian yang telah membuktikan itu, dan ada klinik di seluruh Eropa Barat untuk mengobati ketergantungan tersebut.

Tidak seperti kecanduan kimia seperti alkohol, rokok dan zat lain, kecanduan MMO adalah tidak fisik. Namun, keduanya emosional dan psikologis. MMO ini cenderung mengisi kehidupan sosial yang tidak memuaskan. MMOs dapat, (dalam banyak hal) membawa beberapa rasa kepuasan emosional palsu kepada pengguna. Kecanduan untuk MMOs bisa sulit untuk diatasi.

MMO pada dasarnya bisa menggantikan kehidupan sosial Anda (baik itu online atau offline), tergantung bagaimana Anda tenggelam dalam "komunitas game itu". Ketika Anda tak punya kehidupan sosial atau teman-teman di kehidupan nyata anda tidak begitu menyenangkan, sulit untuk menyerah karena kehidupan di game menjadi satu-satunya kehidupan yang anda ketahui. Teman-teman anda dalam sebuah MMO yang tidak bisa ditemukan di luar wilayah "realita", jika mereka kecanduan seperti Anda, Anda bahkan tidak akan menemukan mereka pada instant messenger. Pada dasarnya, MMO menjadi satu-satunya jalan keluar untuk menggantikan kehidupan sosial anda.

Bagaimana untuk berhenti ?

Jika saat ini Anda seorang pecandu yang berniat untuk berhenti, atau mengetahui seseorang yang kecanduan MMO, di sini adalah beberapa pemikiran yang bisa Anda pikirkan tentang bagaimana cara memutuskan berhenti yang lebih mudah:

1. Kelelahan - Apakah memuaskan untuk benar-benar menghabiskan seluruh akhir pekan grinding poin Reputasi untuk menigkatkan status , atau membunuh monster yang sama setiap hari? Apakah Anda bahkan bersenang-senang lagi?

2. Time Commitment - Pertimbangkan jumlah waktu yang Anda habiskan dalam sebuah MMO dan merefleksikannya. Apakah layak untuk menghabiskan 6 jam malam di World of Warcraft ketika Anda bisa menghabiskan waktu melakukan sesuatu yang lebih produktif? Anda bisa menghabiskan waktu membaca, terlibat dalam hobi produktif, atau bahkan menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga dan teman-teman. Hidup ini singkat, jadi mengapa memboroskan itu? Jika Anda perlu bermain game online berjam-jam untuk mencapai sesuatu tujuan dari game tersebut, itu alasan yang baik untuk berhenti bermain karena itu hanya tidak layak.


3. Real Life Commitment - Apakah bermain World of Warcraft adalah komitmen nyata hidup Anda? Apakah Anda mengabaikan lainnya hanya untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk karakter atau guild Anda? begadang sampai larut malam menyebabkan Anda datang terlambat untuk bekerja atau kelas setiap hari ? Apakah lebih memuaskan untuk membunuh Raid Boss daripada bangun untuk secangkir kopi hangat yang disiapkan oleh kekasih Anda? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Anda perlu melihat jauh ke dalam diri Anda dan berpikir tentang hal-hal yang benar-benar penting.


4. Fun Time vs Boring Time - Apakah Anda pada titik di mana Anda menghabiskan sejumlah besar waktu anda untuk berusaha "memperbaiki" karakter anda? Jika rasio jumlah waktu Anda bersenang-senang terasa lebih sedikit dengan jumlah waktu Anda merasa bosan dengan game tersebut, maka saatnya untuk mempertanyakan mengapa kau masih bermain game tersebut. Mengapa menghabiskan waktu di MMO ketika Anda bisa menghabiskan waktu kurang dari sejam di game lain (selain MMORPG) seperti Team Fortress 2, Left 4 Dead atau single / multiplayer lainnya dan merasa lebih puas ?

5. Tidak Ada Kepuasan yang Spontan - Mengapa Anda bahkan memainkan game ini jika Anda (dipaksakan) harus menghabiskan beberapa jam hanya untuk mendapatkan sesuatu game tersebut?

6. Punya Masalah dengan Pemain lain? - Jika Anda mempunyai masalah dengan teman guild anda atau pemain lain dalam sebuah MMORPG, anggap diri Anda beruntung!. Keluar saat Anda berada di dalam situasi itu.


7. Meta-game - Jika Anda menemukan Anda bukan seorang game desainer , tapi Anda menemukan diri Anda berbicara tentang bagaimana untuk mengalahkan Raid Boss selama berjam-jam tanpa akhir, atau menghabiskan hari meneliti bagimana untuk "membangun" karakter Anda, maka Anda perlu memeriksa siapa Anda. Apakah ini pribadi yang Anda ingin kan? Apakah Anda ingin menjadi-WOW nerd?

8. Apakah teman anda berhenti? - Jika teman guild Anda mengeluh bahwa mereka terlalu banyak menghabiskan waktu dalam permainan dan kebanyakan dari mereka memutuskan untuk pensiun, anggaplah ini sebagai tanda & motivasi untuk berhenti.

9. Budaya - Saatnya untuk berhenti sebelum Anda benar-benar menjadi orang yang dianggap aneh dan tidak dapat diterima secara sosial.

10. Guild Drama - Jika bermain game malah menyebabkan Anda kecil hati lebih daripada pengalaman yang anda rasakan di dunia nyata, tanyalah pada diri sendiri, "Apakah ini layak?"

5 komentar:

Danipay mengatakan...

terimakasih sarannya...mudah 2 an masalh yg terjadi akibat game online ini menjadi keberuntungan buat saya saat ini...

Danipay mengatakan...

saat ini saya ketimpa masalah dngn semuanya gara2 game online..semoga ini menjadi keberuntungan buat saya...amin..trimaksih saran yang mendidik,sukses utk blog ni.

Danipay mengatakan...

terimakasih sarannya...mudah 2 an masalh yg terjadi akibat game online ini menjadi keberuntungan buat saya saat ini...

adikur mengatakan...

terimakasih saya copas buat di share ke yang lain

Selimut mengatakan...

alihkan ke hobi lain yg lebih bermanfaat. Tapi itu juga perlu niat, kalo ngga ada niat dan mau coba ya percuma...